Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

29 October 2008

www.tips-fb.com Instalasi Zencafe Untuk Warnet Berbasis Linux


Satu minggu bergerilya mencari distro linux yang cocok untuk di pasang pada warnet yang rencananya berbasis linux. Jujur aja mendirikan warnet berbasis linux merupakan pekerjaan yang belum pernah dilakukan. Kalaupun pake linux hanya dipake untuk server internet di kantor dan semua komputer tergolong baru. Setelah bergerilya pilihan sementara jatuh pada Zencafe, namun perjuangannya belum selesai sampai disitu.

Zencafe merupakan distro turunan Zenwalk yang dirancang untuk digunakan dikalangan warnet. Makanya semua fitur dan perangkat lunak yang dibutuhkan untuk warnet hampir dapat dipenuhi oleh distro yang satu ini. Bahkan mungkin Zencafe merupakan satu-satunya distro yang sudah dilengkapi dengan billing sistem.

Zenwalk sendiri merupakana keturunan dari distro slackware. Satu distro yang sangat dikenal dengan keamanan dan kestabilannya. mungkin karena emang masih seketurunan sehingga proses instalasinya juga mirip-mirip atau bahkan persis dengan leluhurnya. Selama proses instalasi zencafe hanya menyediakan tampilan mode text, walau proses instalasinya cukup sederhana dan gak ribet.

Setelah balapan donlot sama temen file image Zencafe darisini, akhirnya saya harus mengakui bahwa kecepatan dolot saya emang lemot, padahal temen donlot dua distro sekaligus yaitu Zencafe dan PCLinuxOS. Kesokan harinya ngambil fila image ke kantor temen.

Proses Instalasi berjalan lancar walau tanpa panduan dan sempet gagal satu kali. distro satu ini agak beda dengan sitro yang lain, hardisk SATA 160GB saya terdeteksi sebagai sda, ada info dari temen bahwa hardisk IDE-pun terdeteksi sebagai sda bukan hda seperti pada distro umumnya.

lebih detail mengenai langkah-langkah instalasi zencafe bisa dilihat dilink-link berikut :

ditulis oleh Deny Andreas dari Awali, manual book yang sulit dicari, umumnya link dari manual book ini udah broken.

ditulis oleh komunitas mahasiswa UGM , kemaren sempet broken sih, tapi coba lagi deh.
sementara baru itu yang ketemu, kalo ada yang punya artikel lainnya boleh deh tambahin....

Kolom Komentar

1 comment:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Paling Populer