Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

05 February 2010

www.tips-fb.com Mengatasi Kegagalan Koneksi Jarak Jauh Pada Windows Server System

Bagi seorang administrator jaringan komputer, melakukan koneksi jarak jauh pada komputer server menjadi hal yang biasa bahkan sebuah keharusan. Salah satu layanan untuk melayani koneksi jarak jauh atau Remote Connection pada Windows Server System adalah MS Terminal Service. Menggunakan layanan MS Terminal Service, client dapat melakukan kontrol secara remote terhadap komputer server, namun apa jadinya jika saat melakukan koneksi server menolak dengan alasan jumlah koneksi telah melebihi batas maksimum. Persisnya pesan yang muncul adalah seperti ini "The terminal server has exceeded the maximum number of allowed connections". Benarkah ini disebabkan oleh adanya orang yang masuk ke server secara remote telah mencapai batas maksimum?. pesan kesalahan tersebut tidaklah mutlak kebenarannya.


Pesan tersebut muncul diantaranya adalah karena Windows hanya membatasi hingga dua sambungan Remote Desktop Protocol (RDP). Ketika kita hendak masuk kedalam system, telah ada dua orang yang masuk kedalam system, sehingga permintaan kita di tolak oleh system. Kemungkinan lainnya adalah karena sebelumnya kita telah masuk kedalam system secara remote kemudian sambungan terputus atau sengaja diputus namun session tersebut masih di anggap aktif oleh sistem. Perlu di ingat bahwa jika user hanya menutup jendela RDC tanpa keluar dari system, system masih menganggap bahwa user tersebut dalam kondisi log on, kecuali kita melakukan setting time out pada Terminal Service configuration seperti dibawah ini .
klik gambar untuk melihat dalam ukuran besar
Jika time out setiap session tidak di konfigurasi, atau login pengguna tidak tersedia maka kita tidak dapat masuk kedalam system. Untuk mengatasi keterbatasan ini ikuti langkat-langkah berikut.

buka command prompt atau ketikan perintah berikut pada jendela RUN

mstsc /v:[00.00.00.00/SERVERNAME] /f -console

tanda dalam kurung besar ([]) diganti dengan IP komputer server atau gunakan nama komptuer server contoh .

mstsc /v:192.168.1.1 /f -console
mstsc /v:xServer /f -console

perintah tersebut akan menghubungkan kita ke server console session fisik atau biasa disebut session 0 (nol). Kita akan minta log in dan melengkapi data administrator, kemudian kita akan terhubung dengan sesi console pada server.

Setelah kita masuk kedalam sistem, kita dapat melakukan reset pada pengguna yang terputus dari terminal service manager. Perlu di ketahui, jika kita terputus dari sesi console ini kita harus mendatangi ke komputer server secara fisik.

Memutuskan Sambungan Pada Sesi Lain
Buka jendela RUN kemudian ketik taskmgr sehingga jendela Task Manager terbuka. kemudian klik pada tab users, maka akan tampil daftar user yang masuk kedalam system. Klik User yang akan di putuskan sambungannya, kemudian klik Disconnect.

Mengganti Jumlah Koneksi Maksimum Yang di Izinkan
1. Buka jendela Terminal Service Manager
2. Pada jendela bagian kiri klik connections.
3. Pada jendela bagian kanan klik kanan pada RDP_Tcp, kemudian klik Properties.
4. Pada jendela RDP-Tcp Properties, klik Tab Network Adapter
5. Ganti Maximum Connections dengan jumlah maksimum yang di kehendaki
6. Klik OK.

Ingat bahwa perubahan ini akan mereset session user yang masih masuk dalam system.

Kolom Komentar

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Paling Populer