24 September 2012

Menonaktifkan Autoconfiguration IPv4 Address

Ini adalah kali kedua saya menghadapi masalah yang sama. Sebuah komputer atau laptop tidak mau terhubung kedalam jaringan. Semua konfigurasi telah berulangkali diperiksa dan berulangkali juga dipastikan telah betul sesuai dengan konsensus. Setiap kali dilakukan uji sambungan selalu menghasilkan pesan yang sama. tidak dapat terhubung, bahkan menampilkan Internet Protocol (IP) yang diluar konfigurasi. Pada saat melihat konfigurasi jaringan, terlihat sebuah keanehan, yakni adanya IP yang tidak saya berikan pada komputer tersebut. Berikut contoh gambarnya, hasil eksekusi perintah ipconfig /all



Perhatikan IP 169.254.7.159. IP ini tidak pernah saya berikan, namun darimana komputer ini memiliki IP ini. Dalam setiap uji koneksi IP inilah yang digunakan oleh komputer, sedangkan IP yang saya berikan (192.168.0.177/24) tidak digunakan. Mungkinkah dari DHCP server? padahal tidak ada DHCP server di jaringan saya, demikian juga kofnigurasi DHCP Enabled bernilai No. Ini adalah satu-satunya keanehan yang ada. maka fokus investigasi mengarah ke titik ini.

Untuk menyelesaikan masalah ini, maka autoconfiguration IPv4 harus di nonaktifkan. Langkahnya adalah sebagai berikut :
  1. Cari tahu masing-masing ID dari interface yang aktif di komputer

  2. Ketikan perintah berikut :

    C:/>netsh interface ipv4 show inter

    maka akan muncul tampilan berikut :
    Idx Met MTU State Name
    --- ---------- ---------- ------------ ---------------------------
    1 50 4294967295 connected Loopback Pseudo-Interface 1
    11 10 1500 connected Local Area Connection


    Karena Interface/Network Interface Card yang bermasalah adalah Local Area Conenction maka catat atau ingat-ingat Idx yang tampil pada interface Local Area Connection. Dalam hal ini saya kasih warna merah dan dalam hal ini Idx-nya adalah 11.

  3. Ketik perintah berikut :

  4. C:\>netsh interface ipv4 set interface 11 dadtransmits=0 store=persistent

    Jika terjadi error atas perintah diatas, silahkan teliti lagi perintahnya.

  5. Langkah terakhir, matikan service DHCP Client di komputer.

  6. Men-disable service DHCP Client dilakukan melalui services yang ada pada komputer. Buka jendela Services dengan perintah berikut :
    C:\>Services.msc
    maka akan muncul jendela services pada komputer, Cari service DHCP CLient. Kemudian klik ganda sehingga muncul DHCP Client Properties. Pada jendela DHCP Client Properties pada bagian Startup Type, pilih Disable. Klik OK.

  7. Restart Komputer.


Silahkan konfigurasi Interface komputer anda sesuai kebutuhan.

Jika tulisan ini menjadi solusi masalah anda silahkan klik tombol Like dan atau tinggalkan komentar. Terimakasih...