Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

20 July 2016

www.tips-fb.com Sistem Pelaporan Pada SQL Server 2016

Terlalu lama tidak membuat dokumentasi, sehingga kesulitan ketika menghadapi masalah yang sama pada waktu yang berbeda. Waktu terbuang untuk mencari solusi yang pernah didapat. Kali ini akan coba buat dokumentasi tentang Reporting Service di SQL Server terbaru versi 2016. Kebetulan sedang ada kebutuhan penyuguhan data untuk tingkat eksekutif.

Yang belum kenal SQL Server Reporting Service (SSRS) silahkan baca-baca link ini, atau link ini bagus buat developer. Kalau males baca baiklah. Secara sederhana SSRS merupakan perangkat lunak sistem pelaporan berbasis web yang dikeluarkan oleh Microsoft, SSRS merupakan salah satu komponen dari SQL Server. Jadi jika kita membeli SQL Server otomatis selain kita dapat Database Engine, kita juga bakal dapat SSRS ini, tentunya selain komponen-komponen lain. Bandingkan dengan Database Server yang gratis, dimana rata-rata hanya dapat Database Engine-nya saja. Tentu beda lah wong harganya jugabeda . Melalui SSRS kita dapat membuat, menyebarkan dan mengelola laporan mobile dan paginasi dengan berbagai tools yang disediakan oleh SSRS.

Asyiknya lagi, SSRS menawarkan antarmuka pemrograman yang dapat kita gunakan pada aplikasi kita. Aplikasi kita dapat memanfaatkan fitur dan kemampuan SSRS yang ada untuk membuat laporan dan menyuguhkannya baik dalam aplikasi berbasis web ataupun desktop.
Versi terbaru SQL Server saat ini adalah SQL Server 2016 yang di rilis kemaren pada 1 Juli 2016. Bersamaan dengan versi baru SQL Server tersebut, SSRS juga mengalami perubahan yang cukup banyak dibandingkan dengan versi sebelumnya terutama untuk dukungan pada teknologi yang lebih modern.

    Berikut Beberapa fitur baru pada SSRS 2016 yang sangat menarik dan menjadi alasan kenapa harus segera menggunakan Versi terbaru ini.
  • Reporting Service Web Portal
  • Portal web yang diperbarui, lebih modern, portal yang menggabungkan KPI, Laporan Mobile, Laporan Paginasi, Excel dan PowerBI Desktop. Pada portal yang baru ini pengguna juga dapat mendownload Mobile Report Publisher dan Report Builder sebagai tool untuk pembuatan laporan.

  • Portal web yang dapat di kustomasi
  • Kita dapat meng-custom tampilan dengan thema kita sendiri. Kita dapat menambahkan logo dan mengatur warna sesuai dengan selera. Contoh Tema seperti berikut ini.

  • Key Performance Index (KPI) di Web Portal
  • Kita dapat membuat KPI langsung di halaman web portal bahkan dalam folder dimana kita berada. Ketika membuat KPI kia dapat memilih fields pada dataset dan melakukan summaries pada nilai yang ada sehingga informasi yang disuguhkan lebih sederhana namun mudah dipahami. Jika diperlukan informasi lebih detail dapat di informasikan dalam bentuk link terkait. Cara pembuatan KPI dapat dilihat disini.

  • Mobile Report
  • Fitur ini pada dasarnya adalah untuk memenuhi kebutuhan suguhan informasi dari perangkat bergerak atau mobile. Pada verisi ini SSRS memberi dukungan lebih baik dalam suguhan pada perangkat mobile yang memiliki berbagai bentuk baik Tablet maupun Ponsel. Meski harus disampaikan dalam berbagai media, SSRS dapat menampilkan bentuk yang baik dalam beberapa format visalisasi seperti grafik, waktu, kategiri bahkan peta. Tampilan laporan sangat fleksibel sesuai dengan ukuran layar perangkat.

  • Mobile Report Publisher
  • Dibuat untuk mendesain laporan yang dirancang untuk disuguhkan pada perangkat bergerak untuk di publish ke web portal pelaporan. Cara penggunaan mobile report publisher dapat dipelajari disini.

  • SSRS mobile bisa di akss dari PowerBI Mobile
  • Aplikasi PoweBI mobie pada IOS baik iPhone atau iPad sekarang dapat mengakses SSRS mobile report dari web portal lokal atau milik kita. Namun demikian perlu dilakukan perubahan konfigurasi agar powerbi mobile dapat mengakses web portal SSRS. Tulisan ini menjelaskan caranya.

  • Mendukung .NET Framework 4.0
  • Meski versi terbaru, SSRS 2016 mendukung .NEt framework 4.0. Pada saat instalasi, SSRS akan mengecek apakah .NET Framework tersedia atau tidak. Jika tidak tersedia maka otomatis SSRS akan menginstall .NET Framework 4.0

  • HTML5 Rendering Engine
  • Laporan yang dihasilkan oleh SSRS di render kedalam bentuk HTML5 Full Standard. Dengan demikian dipastikan didukung oleh semua browser modern.

  • Penyertaan laporan pada aplikasi
  • Kita dapat menyertakan laporan pada aplikasi web dengan menggunakan iframe dengan cukup yanya menyrtakan parameter.

  • Dukungan konversi yang lebih luas
  • Laporan hasil output SSRS dapat di export atau di convert kedalam beberapa bentuk yang paling umum diguankan, seperti excel, word, PDF, bahkan powerpoint. Proses render ini dapat dilakukan oleh server secara remote, sehingga aplikasi cukup mengirim dalam bentuk URL saja.

Dan masih banyak fitur-fitur lain yang harus di coba. Selamat mencoba, Ada dua versi SQL Server yang dapat digunakan untuk ujicoba secara gratis.

SQL Server Express Edition
SQL Server Developer Edition

Kolom Komentar

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Paling Populer