Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

05 April 2014

www.tips-fb.com Integrasi Aplikasi INACBGs 4.0 Dengan Aplikasi RS SEP

Pada awal berlakunya JKN, sebagian petugas klaim mengeluh dengan kembalinya berkas klaim karena tidak lolos purifikasi. Dan 90% sebab tidak lolosnya purifikasi adalah kesalahan pengetikan No. SEP dan kesalahan penulisan No. Peserta. Jika purifikasi saja tidak lolos tentu tidak dapat dilakukan verifikasi. Akhirnya diperlukan waktu yang lama dalam proses klaim pelayanan JKN. Kesalahan pengetikan No. SEP dapat dimaklumi mengingat deret angka SEP yang begitu panjang dan banyaknya penerima manfaat JKN. Keluhan lainnya adalah Pengetikan ulang data pasien setelah sebelumnya mengetik untuk proses pembuatan SEP.

Dengan proses Integrasi ini, petugas entry data klaim tidak perlu lagi mengetik data identitas pasien, dan kesalahan penulisan No. SEP dan No. Peserta dapat diminimalisir secara signifikan. Karena data diambil langsung dari server SEP sehingga kebenarannya bisa diandalkan. Namun untuk mengintegrasikan kedua sistem ini ternyata tidak semulus yang diharapkan, diperlukan proses pengembangan dan instalasi secara bersama-sama oleh kedua pihak yakni RS dan BPJS Kesehatan.

Perlu diingat bahwa integrasi ini berarti menghubungkan dua sistem yang berbeda yaitu INACBG dan SEP. Oleh karena itu implementasinya juga harus melibatkan kedua belah pihak pengelola kedua sistem tersebut yakni Rumah Sakit dan BPJS Kesehatan. Tidak akan bisa terlaksana kalau hanya kita saja yang melakukan update software meskipun softwarenya adalah software terbaru.

Dalam tulisan ini akan membahas hal-hal yang harus kita lakukan sebagai petugas Rumah Sakit atau pengelola sistem INACBG. Tentang apa yang harus dilakukan oleh BPJS tidak akan dibahas disini. Karena mereka juga sudah dilatih sedemikian rupa untuk melakukan konfigurasi pada server mereka. Namun demikian akan sangat baik, efektif dan efisien jika dilakukan secara bersama-sama dan dilakukan pengujian bersama-sama, sehingga ketika ditemukan kendala atau masalah dapat dilakukan penyelesaian secara bersama-sama. Masalah mungkin saja terjadi pada kedua belah pihak baik pihak RS maupun BPJS. Dan pesan saya, sebelum berfungsi dengan baik jangan pernah menunda-nunda penyelesaian, selesaikan saat itu juga.

Pastikan Kedua Server Terhubung

Tidak akan pernah terjadi integrasi kedua sistem hingga keduanya dapat saling terhubung. Saran saya hubungi bagian IT Rumah Sakit untuk memastikan kedua jaringan saling terhubung. Namun jika tidak ada ahli IT di RS ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk melakukan pengecekan apakah jaringan BPJS yang digunakan oleh aplikasi SEP sudah terhubung dengan jarinan RS atau yang digunakan oleh aplikasi INACBG.
  1. Cari Tahu IP Komputer Server SEP
  2. Jika belum tahu apa itu IP Komputer silahkan klik disini. Cara yang paling gampang untuk mengetahui IP komputer server SEP adalah menanyakan langsung kepetugas IT BPJS Kesehatan. Bagaimana kalau sulit sekali menemuinya ? ada cara lain. Di RS kita tentu ada minimal satu buah komputer yang digunakan untuk membuat SEP. Jalankan aplikasi SEP kemudian klik menu Setting, kemudian klik menu Setting Koneksi. Sehingga muncul jendela seperti berikut ini. Ingat... Jangan melakukan perubahan apapun pada jendela yang muncul.
    Perhatikan bagian yang diberi lingkaran berwarna merah, disana akan ada susunan angka-angka yang dipisahkan oleh tanda titik. Itulah IP Komputer Server SEP. Catat dengan baik, Dalam contoh ini IP Server SEP adalah 172.166.x.x. Dan sekarang kembali ke komputer server INACBGs.

  3. Lakukan Ping ke komputer server SEP dari server INACBG
  4. Saatnya kita melakukan uji koneksi atau sambungan dari komputer inacbg ke server SEP. Jika server INACBG menggunakan windows XP, silahkan klik Start --> Run. kemudian ketik "cmd" (tanpa tanda petik) kemudian tekan Enter, Harusnya muncul jendela dengan warna latar hitam yang biasa disebut jendela console. Sedangkan bagi pengguna Windows Vista keatas atau windows 7 cukup ketik tombol Start lalu ketik "cmd" (tanpa tanda petik) dan tekan Enter. Maka akan muncul jendela yang sama dengan pengguna Windows XP. Buka catatan IP Server SEP tadi, lalu pada jendela yang muncul ketik "ping ". Sebagai contoh disini "ping 172.166.x.x" (tanpa tanda petik) kemudian tekan Enter. Jika server inacbg sudah terhubung dengan server SEP maka akan muncul pesan Replay From bla..bla..bla... seperti gambar dibawah ini.
    Namun jika munculnya adalah "Request Time Out" artinya server Inacbg belum dapat terhubung dengan server BPJS. Silahkan hubungi bagian IT RS atau IT BPJS Kesehatan untuk menghubungkan kedua server tersebut.

Update Aplikasi

Setelah memastikan kedua server dapat saling terhubung selanjutnya adalah update software Inacbgs. Ada dua file update pada rilis kali ini, yaitu update untuk integrasi INACBG - SEP, dan update untuk bridging SIMRS - INACBG. Untuk keperluan saat ini silahkan jalankan file UPDATE SEP-INACBG.exe. Seperti biasa, klik next dan seterusnya sampai menemukan tombol Finish kemudian klik tombol Finish tersebut.

Selanjutkan lakukan konfigurasi untuk mengarahkan permintaan SEP dari aplikasi Inacbg ke server SEP. Caranya.
  1. Buka windows Explorer.
  2. Bagi pengguna Windows XP klik tombol Start kemudian klik Computer. Maka akan muncul jendela windows Explorer. Untuk memudahkan operasi, silahkan klik tombol Folders pada Toolbar yang ada di Windows Explorer. Sedangkan pengguna Windows 7 Klik tombol Start lalu klik Computer sehingga muncul jendela Windows Explorer. Kemudian Masuk ke Folder C:\inacbg.

  3. Edit File ip.php
  4. Cari file ip.php di folder C:\inacbg. Silahkan buka dengan notepad atau editor lainnya. Edit atau rubah sehingga seperti pada gambar berikut ini.
    Perhatikan bagian 172.x.x.x. Sesuaikan bagian tersebut dengan IP Server SEP yang tadi dicatat. Kemudian Simpan dan Keluar.
Sampai pada proses ini sebenarnya sudah selesai, kita sudah dapat memanggil/mencari data pasien berdasarkan nomor SEP seperti pada gambar dibawah ini. Silahkan klik pada gambar untuk memperbesar.


Jika dalam proses pencarian berdasarkan No. SEP tidak berhasil atau data tidak ditemukan ada kemungkinan webservice di server SEP belum berjalan atau bahkan belum di install. Silahkan tanyakan kepada petugas BPJS Kesehatan atau dapat juga dilakukan pemeriksaan sendiri. Caranya ambi salah satu No. SEP yang dibuat hari ini misal "1111R00104140002398", kemudian buka browser mozilla firefox misalnya. Pada address bar, ketikan alamat seperti yang tercantum di file ip.php tadi ditambah dengan No. SEP contoh tadi misalnya alamatnya menjadi "http://http://172.166.x.x:8082/SepLokalRest/sepcbg/sep/1111R00104140002398" kemudian tekan Enter. Jika Webservice sudah berfungsi dengan benar akan muncul data peserta seperti berikut ini.
    Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam proses integrasi ini
  1. Hanya dapat digunakan pada user dan password standar INACBG. Jika Password dari User Standar INACBG sudah diganti maka tidak dapat melakukan pencarian berdasarkan SEP ini. Jika password telah diganti namun ingin tetap terintegrasi maka dapat dilakukan dengan cara tertentu.
  2. Pada kasus tertentu hasil pencarian dapat lebih dari satu data kunjungan meski merupakan pasien yang sama. Namun dengan kunjungan-kunjungan sebelumnya. Biasanya kunjungan dengan nomor SEP yang dicari terdapat pada urutan terakhir.
  3. Jika RS sudah memiliki SIMRS saya sangat menyarankan untuk dilakukan bridging SIMRS-INACBG, sehingga tidak perlu entry pada aplikasi INACBG untuk melakukan klaim. Demikian juga proses pembuatan SEP, cukup menggunakan satu aplikasi SIMRS. Sehingga petugas pendaftaran tidak perlu berganti-ganti aplikasi dalam proses pendaftaran.

Update INACBG 4.1 :


Update pada INACBG versi 4.1 sudah termasuk fitur untuk bridging dengan aplikasi RSSEP, sehingga tidak diperlukan lagi update aplikasi dengan UPDATE SEP-INACBG.exe.

Demikian cara mengintegrasikan Inacbg 4.0 dengan RS SEP. Semoga bermanfaat. Untuk diskusi tentang JKN, Casemix silahkan bergabung dengan Group SIRS, Casemix dan INACBG di Facebook. Di group tersebut dibahas lebih detail tentang Inacbg, BPJS Kesehatan dan hal-hal yang berkaitan dengannya.

Software update terdapat di group casemix tersebut diatas, silahkan bergabung sekaligus diskusi tentang JKN. Bagi yang tidak dapat bergabung dapat di download sini

Jika tulisan ini bermanfaat, silahkan klik iklan yang ada, atau klik tombol Like dan atau tinggalkan komentar. Dan tularkan manfaatnya dengan menekan tombol Share.



Kolom Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Paling Populer