Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

17 September 2013

www.tips-fb.com Install Webmin Pada Ubuntu Server 9.10 Karmic Koala

Webmin merupakan tools atau alat berupa perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan konfigurasi pada sistem operasi Linux atau turunan Unix, meski akhir-akhir ini dapat juga diinstall pada sistem operasi Windows. Dengan menggunakan tools ini, memungkinkan pengguna untuk mengkonfigurasi internal sistem seperti pengguna, kuota disk, konfigurasi file atau service, MySQL, Apache, Postgresql, mail agent dan lain sebagainya. Lebih lanjut mengenai webmin dapat dilihat disini.

Ubuntu server sendiri merupakan sistem operasi berbasis Linux yang pada saat tulisan ini dibuat sudah mencapai versi 13.04. Terus kenapa tulisan ini ditujukan untuk versi 9.10? Kebetulan saya saat ini menginstall ubuntu 9.10, karena alasan kompatibilitas perangkat ubuntu 12.04 saya downgrade ke versi lebih lama. Pada tulisan atau dokumentasi yang lain saya tujukan untuk 12.04. namun ketika saya harus menginstal di versi lebih lama, agak kesulitan karena tidak terdokumentasi dengan baik catatan-catatan lamanya. Baiklan kita mulai saja, setelah selesai melakukan instalasi ubuntu, lakukan instalasi untuk beberapa dependency atau ketergantungan aplikasi webmin yaitu perl dan library pendukungnya dan openssl. Biar gak salah ketik silahkan copy paste perintah berikut ke console ubuntu.

apt-get install perl libnet-ssleay-perl openssl libauthen-pam-perl libpam-runtime libio-pty-perl libmd5-perl



Setelah semua selesai diinstall, kemudian kita perlu mendownload paket aplikasi webmin.

wget http://www.webmin.com/download/deb/webmin-current.deb

Perintah tersebut akan mengunduh paket webmin versi terakhir. berkas unduhan akan berada di direktori home pengguna yang mengunduh. Selama proses unduh perhatikan nama file yang diunduh, karena perintah ini akan mendapatkan nama nama paket untuk versi terakhir, sehingga ada kemungkinan nama file akan berbeda-beda. Pada saat tulisan ini dibuat, paket yang terunduh adalah webmin_1.6500_all.deb. Setelah proses unduh selesai lakukan penguraian paket dengan perintah berikut

dpkg -i webmin_1.650_all.deb



Setelah selesai melakukan instalasi, kita dapat mengakses melalu komputer manapun dalam satu jaringan dengan mengakses ke https://[ipaddress]:10000 untuk melakukan konfigurasi sistem. Jika dikehendaki akses melalui jaringan publik tinggal lakukan konfigurasi pada router agar mengizinkan akses ke webmin.



Kolom Komentar

1 comment:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Paling Populer