14 June 2013

Membuat Direktori Alias Pada Webserver Apache

Secara default direktori root untuk webserver apache adalah /var/www, sehingga ketika sebuah situs semisal www.namaku.com dibuka, maka direktori atau file di direktori itulah yang ditampilkan pada halaman web. Sedangkah direktori dibawahnya atuu sub direktori dari sebuah website terletak di direktori /var/www/subdirektori. Namun terkadang kita perlu mempublikasikan direktori yang bukan berada di bawah /var/www menjadi sebuah direktori di domain kita, misal user Aku yang memiliki folder /home/Aku/MyProject ingin mempublikasikan isinya di internet dengan alamat www.namaku.com/myproject. Maka yang hrus dilakukan adalah membuat direktori alias myproject yang merujuk ke direktori /home/Aku/MyProject. Dengan teknik seperti ini direktory MyProject seolah-olah berada dibawah direktori /var/www/myproject.

Pembuatan alias ini sangat memudahkan kita dalam menyimpan file-file web atau mempublikasi file tanpa harus masuk ke direktori /var/www, tanpa harus ribet dengan permission, dan keamanan direktori /var/www lebih baik karena hanya bisa diakses oleh pengguna root.

Dalam tulisan ini saya menggunakan Ubuntu Server 12.04 LTS. Langkah membuat direktori alias adalah sebagai berikut.

1. Pastikan modul alias telah aktif
Untuk mengaktifkan modul alias ketikan perintah berikut a2enmod alias. Maka akan muncul tulisan Module Aliases already enabled

2. Edit File /etc/apache2/sites-available/default
Tambahkan Script berikut sebelum </VirtualHost>
Alias /myproject/ "/home/Aku/MyProject/"
<Directory "/home/Aku/MyProject/">
Options Indexes MultiViews FollowSymLinks
AllowOverride None
Order allow,deny
Allow from all
</Directory>

Alias /myproject "/home/Aku/MyProject/"
<Directory "/home/Aku/MyProject/">
Options Indexes MultiViews FollowSymLinks
AllowOverride None
Order allow,deny
Allow from all
</Directory>

kemudian simpan

3. Restart service apache 2
Restart service apache dengan perintah service apache2 restart

4. Buka browser kemudian arahkan ke alamat www.namaku.com/myproject
Maka alamat www.namaku.com/myproject menampilkan direktori /home/Aku/MyProject.

Jika kita menginginkan agar browse file pada folder folder tidak dapat dilakukan, maka hlangkan opsi Options Indexes MultiViews FollowSymLinks




Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment