Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

17 July 2012

www.tips-fb.com Mendapatkan Nama Host Komputer Client Yang Terhubung Ke SQL Server

Sebagai pengelola database server atau programmer kita seringkali memerlukan pencatatan identitas setiap komputer klien yang melakukan sambungan dengan database Server, dalam hal ini SQL Server. Dalam setiap menyimpan data yang dimasukan ke database server melalui klien, setidaknya kita menyimpan siapa yang menyimpan, Jam berapa disimpan atau di update dan dari komputer mana data tersebut dimasukan.

Untuk meminimalisir trafik data melalui jaringan, ada baiknya data-data tersebut kita buat standar, sehingga client tidak perlu mengirim data-data tersebut secara explisit, karena sebenarnya ketika sebuah klien terhubung dengan SQL Server, SQL Server sudah mendeteksi nama komputer atau host klien yang menghubunginya.

Sebenarnya untuk mendapatkan nama host atau nama komputer klien pada SQL Server ada beberapa cara, namun yang paling efektif adalah dengan menjalankan fungsi host_name(). Fungsi host_name() akan mengembalikan nama komputer klien yang saat ini sedang terhubung atau mengeksekusi sebuah perintah. Sebagai contoh ketikan perintah SQL Berikut
Select Host_Name()

perhatikan output yang muncul.

Nah, sekarang bagaimana implementasinya dalam hal pencatatan nama komputer tersebut pada setiap data yang masuk kedalam server. Fungsi tersebut dapat kita jadikan nilai default atau binding dari sebuah field. Misal kita bikin field client_host dengan type data varchar(50), kemudian pada property default value or binding kita tuliskan fungsi tersebut (Host_Name())

Kolom Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Paling Populer