Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

14 November 2009

www.tips-fb.com Driver HP Compaq Presarion CQ20

Sekali lagi bergelut dengan laptop baru, kali ini laptop keluaran baru dari HP Qompaq dengan seri C20-410TU. Pertama melihat laptop ini langsung tertarik, luar biasa. Bentuknya kecil dengan layar 12" sangat praktis untuk dibawa dan relatif ringan. Selain itu kemampuannyapun tergolong tinggi dengan Hardisk 320GB, RAM DDR2 2GB, DVD+RW, Bluetooth plus cardreader, plus kemampuan-kemampuan standar lainnya. Untuk informasi lengkap silahkan lihat .disini.

Dalam keindahannya itu ada hal yang sangat di sayangkan yakni bahwa laptop dari HP kini tidak disertai driver, dan sialnya lagi HP tidak memberikan dukungan secara penuh terhadap laptop keluarannya terhadap sistem operasi Windows XP ini adalah pernyataan resmi dari HP. Tentu saja ini kekecewaan tersendiri karena setidaknya Operting System (OS) yang di install adalah Windows Vista atau windows 7 yang ketika tulisan ini dibuat masih versi Beta, sialnya lagi HP merekomendasikan penggunaan Windows 7 untuk laptopnya. Untuk windows Vista jelas aku tolak, karena hanya buang-buang resource, sementara Windows 7 masih belum berani karena masih Beta, terlalu beresiko.

Meski demikian ada kabar baik untuk pecinta Windows XP yang sudah terlanjur membeli produk ini. Meskipun HP tidak memberikan dukungan penuh terhadap penggunaan Windows XP, namun tingginya pengguna Windows Vista yang melakukan downgrade ke Windows Vista menuntut HP untuk menyediakan layanan, meskipun dengan embel-embel. Hal ini terpaksa dilakukan HP demi menjaga kepuasan pelanggan.

Jika anda melakukan downgrade dari Windows Vista ke Windows XP, silahkan ikuti panduan dari HP tentang panduang umum melakukan downgrade bagi pengguna laptop HP/Qompaq disini, untuk seri CQ20-410TU termasuk pada model 2 atau moderate model atau tingkat kesulitan menengah. Jika anda pengguna lapotp dengan seri yang lain silahkan di sesuaikan dengan seri anda.

Secara asali atau default. Laptop ini menggunakan model AHCI atau SATA, ini karena hardisk yang digunakan memang menggunakan konektor SATA. Windows XP tidak dapat mengenalinya dengan baik selama proses instalasi. Pilihannya ada dua, ganti mode ke IDE atau tetap menggunakan AHCI namun anda harus memasang driver SATA selama proses Instalasi Windows XP, driver ICH9 dapat di download disini. Caranya simpan kedalam flopy disk. Untuk menginstallnya, pada saat proses instalasi Windows XP tekan tombol F6 pada saat instalasi sesuai instruksi dari instalelr windows, kemudian masukan floppy disk kedalam floppy drive. Jika anda tidak memiliki floppy drive maka anda dapat menggunakan nLite. Tapi proses ini terlalu ribet, kalo saya lebih suka merubah dari AHCI ke IDE dari BIOS.

Lakukan proses instalasi Windows XP seperti biasa, kemudian download drivernya dari sini. Jangan heran ketika anda melihat model lain di halaman download yang terbuka, ya... Driver yang dibutuhkan sama dengan seri 2230s, jadi kalau ada temen atau pacar yang udah punya 2230s, lebih baik pinjam CD Driver-nya, daripada download ratusan Mega Byte. Tapi kalau tidak ada yang punya, apa boleh buat... Good Luck..!!

Pada saat download driver pilihlah driver yang memang benar-benar kita butuhkan, sayang kalau kita sudah download besar tapi ternyata tidak bisa digunakan. Untuk Jaringan Gigabit, gunakan dari Marvel sedangkan Wireless Network gunakan dari Broadcom Wireless.

Untuk Driver Audio, terlebih dahulu harus di Install Microsoft Universal Audio Architecture (UAA) Bus Driver for High Definition Audio. Tanpa ini driver Audio tidak dapat di Install. ukurannya lumayan 55MB untuk Microsoft UAA, sedangkan Audio Driver-nya sendiri cuman 7.6MB.

Silahkan download driver yang lain sesuai kebutuhan, total driver minimal hampir 250MB, yang paling berat adalah driver Bluetooth yang mencapai 96.9MB. Selamat berjuang. Dan jangan lupa tinggalkan komen dibawah.

Kolom Komentar

1 comment:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Paling Populer