Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

10 November 2009

www.tips-fb.com Aplikasi Pengolahan Data Pasien Pada Dokter Praktek

Program aplikasi dokter praktek dirancang untuk memenuhi kebutuhan dokter yang praktek di rumah atau di tempat praktek bersama. Peningkatan jumlah pasien yang semakin banyak secara otomatis menambah jumlah dokumentasi buku status atau catatan medik yang digunakan untuk mencatat riwayat medis pasien. Semakin banyaknya dokumentasi medis maka akan membutuhkan sumberdaya lebih untuk mengelola bahkan sekedar untuk mencari data tindakan yang pernah di berikan kepada pasien pada kunjungan-kunjungan sebelumnya, alhasil pelayanan terhadap pasien semakin lambat.

Dengan aplikasi dokter praktek ini diharapkan kendala-kendala yang berhubungan dengan dokumentasi catatan medik tidak terjadi lagi. Aplikasi ini menyediakan kemudahan dalam pencatatan dan penyuguhan data catatan medik pasien. Semuanya disuguhkan dalam satu tampilan layar.

Untuk keamanan operasional aplikasi, setiap pengguna yang menggunakan aplkasi diharuskan memasukan kode pengguna (user id) dan kata sandi (password). Hanya pengguna dengan kode pengguna dan kata sandi terdaftar yang dapat menggunakan aplikasi ini.

Tampilan pada menu utama cukup sederhana sehingga mudah untuk dipelajari bagi dokter atau orang yang baru sekalipun, operasionalnya juga mudah karena setiap langkah atau tugas aplikasi diwakili oleh icon yang cukup besar dan jelas.

Pemanfaatan apliaksi dimulai dari pengisian Data induk pasien, data induk pasien diisi satu kali pada saat pasien datang untuk yang pertama kalinya. Data induk meliputi Nama Pasien, Alamat pasien, Tanggal lahir, Nama keluarga dan lain-lain. Data induk pasien wajib diisi untuk mendapatkan nomor rekam medik sebelum dilakukan pengisian data pelayanan. Nomor rekam medik dapat diisi secara manual atau ditentukan secara otomatis oleh sistem.

Fungsi utama dari program aplikasi dokter praktek ini ada pada form atau menu pelayanan. Pada form ini dokter memasukan data pelayanan mulai dari keluhan,anamnesa, resep hingga saran yang diberikan kepada pasien. Untuk melihat catatan medis pada kunjungan sebelumnya dokter atau operator cukup menekan satu buah tombol saja maka data medis pada kunjungan sebelumnya akan disuguhkan. Untuk melihat data medis pada masing-masing kunjungan atau dari kunjungan satu ke kunjungan yang lain dokter cukup menekan satu buah tombol.

Laporan tentu menjadi bagian dari kebutuhan seorang dokter yang melakukan praktek. Dalam program ini disediakan laporan-laporan yang dibutuhkan yakni laporan kunjungan baik secara rekap ataupun rinci. Periode laporan dapat ditentukan sendiri oleh dokter sesuai kebutuhan baik perhari, perbulan atau menurut waktu yang dibutuhkan.

Program ini di desain untuk dapat digunakan dengan mudah. Aplikasi dokter praktek ini tidam membutuhkan sumberdaya yang tinggi baik secara hardware maupun software. Aplikasi dokter praktek dapat berjalan pada spesifikasi hardware sebagai berikut.
Operating System : Windows 98, Windows ME, Windows 200, Windows XP dll.
RAM : 128MB
HDD : 10MB (tergantung jumlah data)
Monitor : minimum 16bit, 800x600
Mouse & Keyboard : Standar.

Untuk mencobanya anda dapat mendownload installer aplikasi dokter praktek disini, atau download installer yang telah di kompres dalam format rar disini, untuk membukanya anda memerlukan aplikasi winrar. Jangan lupa pantau terus situs ini untuk mendapatkan informasi-informasi terkini tentang aplikasi dokter praktek ini.

Kolom Komentar

1 comment:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Paling Populer