Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

24 September 2009

www.tips-fb.com Mengaktifkan Remote Connection SQL Server 2008 Express Edition

SQL Server 2008 Express Edition (selanjutnya ktia sebut SQL Server) merupakan versi gratis dari RDBMS SQL Server 2008. Namun meskipun gratis, versi ini memiliki fitur yang lengkap, hampir sama dengan versi standar. Lumayan buat menangani data-data transaksi yang memerlukan beban tinggi. Namun meskipun SQL Server merupakan RDBMS yang dapat menangani multiuser sekaligus, secara default saat kita menginstalnya, kita tidak dapat login atau masuk ke server dari komputer lain atau secara remote melalui jaringan. Trus gimana caranya supaya aplikasi bisa nyambung dari komputer lain sebagaimana layaknya aplikasi client-server?. percuma dong kita bikin aplikasi multiuser tapi hanya bisa dijalankan dari satu komputer yang nyatu dengan database.

Untuk mengaktifkan remote connectin atau supaya bisa diakses dari komputer lain atau apapun namanya pokoknya ya yang kaya gitu lah...., minimal ada dua hal yang harus dilakukan. Pertama kita harus mengaktifkan SQL Server Browser Service, SQL Server Browser Service merupakan layanan SQL Server yang "mendengarkan" permintaan yang masuk ke SQL Server dan menyediakan informasi tentang instance SQL Server yang terinstall di komputer. Kedua kita harus mengaktifkan protocol TCP/IP untuk SQL Server supaya bisa menerima permintaan secara remote atau dari komputer lain. Ketiga, ini optional aja, tidak dilakukan juga tak masalah. Merubah autentikasi server menjadi SQL Server and Windows Authentication. Secara default SQL Server hanya mengizinkan Windows Authentication, sehingga kita bisa terhubung ke SQL Server dengan user yang kita gunakan saat masuk Windows.

Biasanya dalam setiap aplikasi yang kita buat, kita menggunakan user tersendiri untuk mengakses SQL Server tanpa menggunakan user terdaftar dalam Windows, dengan menggunakan manajemen user tersendiri sebagai pengembang kita dapat dengan bebas menentukan perlakuan terhadap user atau hak aksesnya. Kecuali aplikasi kita terintegrasi dengan Active Directory, sehingga untuk pengamanan pengguna digunakan manajemen user pada Active Directory. Jika kita menggunakan User tersendiri untuk mengakses SQL Server sebaiknya rubah Autentikasi SQL Server ke SQL Server and Windows Authentication. Mode inilah yang aku suka banget.

Langkah-langkah aktifasi.
1. Aktifkan SQL Server Browser Service, paling gampang jalankan dari command prompt atau dari menu run windows ketikan "net start sqlbrowser" (tanpa tanda petik). Untuk menghentikan tinggal kata start diganti dengan "stop".
2. Aktifkan protocol TCP/IP untuk SQL Server. klik Start -> Programs -> Microsoft SQL Server 2008 -> Configuration Tools -> SQL Server Configuration Manager.
2a. Pada jendela sebelah kiri, klik tanda + pada Protocols for SQLEXPRESS. maka akan terlihat beberapa protocol dengan status disable, termasuk status protocol TCP/IP disabled.

klik kanan pada TCP/IP kemudian klik Enable untuk mengaktifkan protocol TCP/IP. akan muncul pop up peringatan bahwa kita harus me-restart service SQL Server.jika kita mengaktifkan protocol TCP/IP kita juga dapat memilih IP yang digunakan untuk sambungan dengan jaringan.

2b. Restart service SQL Server dengan cara klik/pilih SQL Server Services pada jendela sebelah kiri, klik/pilih SQL Server (SQLEXPRESS) pada windows sebelah kanan, -> klik Restart. Service SQL Server akan restart.

Sampai langkah ini SQL Server sudah dapat diakses dari komputer lain. selanjutnya adalah langkah ke 3 (opional).

1. Buka SQL Server Manajemen Studio dan koneks ke SQL Server Express.
2. Klik kanan pada instance SQL Server. kemudian klik properties.
3. Pada jendela Server Properties, pilih security pada jendela sebelah kiri kemudian klik SQL Server and Windows Authentication mode pada jendela sebelah kanan.

4. Muncul peringatan untuk merestart service SQL Server. klik kanan pada instance SQL Server lalu klik Restart.
5. Harusnya sekarang sudah bisa terhubung dengan SQL Server melalui jaringan.

sumber sumber:
1. Linglom Blogs
2. MSDN Microsoft


Kolom Komentar

1 comment:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Paling Populer